Selasa, 14 November 2023

Cara Menghilangkan ?m=1 Yang Ada Pada URL Blogger Agar Lebih Menarik

Pada dasarnya CMS Blogger besutan google ini memang memiliki banyak perbedaan dari CMS lainnya, salah satunya terletak pada jenis URL yang dibedakan antara pengunjung dari desktop dan pengunjung dari mobile / smartphone. hal seperti ini sebenarnya memang hampir sama dengan salah satu situs berita yang cukup besar networknya seperti tribun yang apabila kita cari keyword tribun ini melalui google via mobile chrome misalnya maka akan diarahken ke url m.tribunnews.com (contoh gambar seperti dibawah ini)

Namun perbedaannya dengan blogger, tentunya situs besar seperti tribun ini sudah mengoptimasi setiap url yang mereka publikasikan dengan berbagai metode agar struktur SEO nya menjadi lebih optimal.

Nah untuk di CMS blogger sendiri, bagian ini memang harus sedikit di custom untuk menghilangkan ?m=1 yang ada di URL Blogger agar menjadi lebih rapih dan mungkin bisa sedikit memperbaiki struktur SEO dari permasalahan indexing pada blog yang kita kelola saat ini.

Salin Kode Javascript dibawah ini, kemudian masuk ke dashboard bloggernya, lalu pilih menu tema pada bagian sidebar dashbord blog dan masuk kedalam edit HTML yang berada di dalam tanda panah berwarna orange.

var uri = window.location.toString();
if (uri.indexOf("&m=1","&m=1") > 0) {
  var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("&m=1"));
    window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);
}
var uri = window.location.toString();
if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {
  var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));
    window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);
}

Selanjutnya simpan javascript diatas sebelum tag </head> lalu save template. Kemudian cek blog via mobile atau bisa juga dari desktop, dengan cara inspect element.

Seharusnya cara ini akan berhasil untuk beberapa template default blogger, template blog gratis maupun yang premium. Namun apabila ada pertanyaan ataupun kendala pada saat menyimpan template, kamu bisa tinggalkan pertanyaan maupun komentar dibawah artikel ini ya. Jangan lupa untuk berlangganan diblog ini agar kamu tidak ketinggalan tips dan trik menarik yang akan saya share kedalam blog catatan pribadi saya ini.